Pengertian Penyebab Banjir dan Akibatnya

Daftar Isi Artikel

Indonesia adalah salah satu negara khatulistiwa dengan intensitas curah hujan yang lumayan tinggi. Oleh karena itu, sudah semestinya kita waspada adanya kemungkinan bencana banjir. Khususnya bagi warga yang tinggal di kawasan landai atau datar, terlebih berlokasi di emperan sungai.

Pengertian Banjir

Pengertian Banjir

Banjir adalah bencana yang terjadi akibat meluapnya debit air dari sungai yang merendam suatu wilayah daratan. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), banjir adalah peristiwa banyaknya air yang deras dan meluap.

Tak lain, hal tersebut disebabkan karena jumlah air di sungai atau di danau telah melebihi kapasitas normal. Ditambah lagi dengan adanya akumulasi air hujan yang tak kunjung reda membuat sungai menjadi mampat dan akhirnya meluber ke daratan.

Penyebab Banjir

Sejauh ini, ada tiga penyebab terjadinya banjir yang paling banyak terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Berikut ini penyebab-penyebab banjir dan penjelasannya:

1. Intensitas Curah Hujan Tinggi

Curah Hujan Tinggi - Penyebab Banjir

Penyebab banjir seringkali berasal dari intensitas curah hujan yang amat tinggi. Di samping itu, sistem drainase yang digunakan juga tidak bekerja dengan semestinya.

  Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Akhirnya air hujan yang turun secara terus menerus tidak lagi masuk langsung ke saluran pembuangan, melainkan menjadi genangan di dataran.

Lambat tapi pasti, genangan air tersebut lama-kelamaan semakin menumpuk kemudian menjadi banjir. Sehingga aspal pun akan menjadi rusak dan berlobang seiring air yang mengikis terlalu lama.

Namun semua itu bergantung dari adanya drainase dan penampungan air pada wilayah tersebut. Apabila penampungan air dan drainase tidak bekerja dengan baik, bahkan tidak dirawat secara rutin dapat menyebabkan air tersumbat. Sehingga menjadi penyebab banjir yang paling utama karena penumpukan air berlebih.

2. Debit Sungai yang Meluap

Banjir pada Luapan Sungai

Selain intensitas curah hujan yang tinggi, penyebab banjir lain yang tak boleh luput dari perhatian yaitu meluapnya air sungai. Hal ini disebabkan tidak lancarnya aliran air yang disebabkan oleh tumpukan sampah berlebih.

Sehingga air akan meluap dari sungai ke pinggiran sungai apabila terjadi curah hujan tinggi dalam kurun waktu yang sangat lama. Perlu diketahui, bahwa penyebab terjadinya banjir akibat luapan air sungai ini dikarenakan ketidak pedulian warga sekitar pada kebersihan lingkungan.

3. Pemukiman Penduduk di Bantaran Sungai

Penduduk Bantaran Sungai

Lokasi pemukiman penduduk yang berdiri tepat di bantaran menyebabkan sungai tersebut menjadi dangkal. Hal ini disebabkan kebiasaan warga yang membuang apapun, termasuk sampah ke dalam sungai.

  Penyebab Penyakit Kaki Gajah dan Ciri-cirinya

Di sisi lain kondisi tanah kiri kanan bangunan menjadi rawan ambles karena dapat menutup sisi sungai. Hingga akhirnya lebar sungai menjadi sempit dan rawan terkena serangan banjir.

4. Jebolnya Bendungan

Banjir Danau Bendungan Situ Gintung

Bangunan bendungan yang kurang kuat menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir bandang. Setidaknya dibutuhkan konstruksi yang kuat, serta perawatan rutin demi menjaga kuatnya bendungan karena banyaknya debit air.

5. Salah Kelola Sistem Tata Ruang

Salah Tata Kota Penyebab Banjir

Dalam hal ini, pemerintah setempat seharusnya berperan dalam menyikapi genangan air yang sulit atau lambat terserap. Air yang datang ke daerah tersebut justru memiliki kapasitas yang lebih banyak, sehingga memunculkan proses terjadinya penyebab banjir.

6. Penebangan Hutan Liar

Tanpa memikirkan dampak buruk pada hutan, penebangan hutan secara liar menjadi penyebab banjir terakhir dalam ulasan artikel ini. Sejatinya hutan memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah menjadi daerah resapan air.

Dengan begitu air hujan akan tersimpan dengan baik, yang lalu akan mengalir melalui bawah tanah kepada manusia untuk diolah lagi agar bisa dikonsumsi. Jika hutan ditebang secara liar, kemungkinan akan terjadi dua bencana alam di kawasan tersebut. Yakni tanah longsor dan banjir.

  Pengertian Hyperlink Lengkap Beserta Contohnya

Akibat Banjir

Tiap bencana pasti mendatangkan kerugian, tak terkecuali banjir yang melanda beberapa kota. Di bawah ini beberapa akibat atau dampak banjir secara singkat dan lengkap.

  • Hilangnya sebagian atau bahkan seluruh harta benda (jika banjir bandang)
  • Timbulnya korban jiwa
  • Bibit-bibit penyakit mulai tersebar
  • Rusaknya ladang atau lahan pertanian dan tanaman
  • Rusaknya sarana prasarana yang meliputi fasilitas umum
  • Air bersih jarang ditemui karena sudah tercampur lumpur
  • Makanan menjadi langka, sehingga harga menjadi naik
  • Jumlah pengunjung wisata lama-kelamaan menurun
  • Sejumlah pohon besar akan mati jika banjir sulit atau lama surutnya
  • Setidaknya dibutuhkan waktu yang lama dan banyak uang untuk memperbaiki kerusakan fasilitas

Leave a Reply