Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-jenis Syair Secara Singkat dan Lengkap

Ad Blocker Detected

Mohon Non-Aktifkan Ad Blocker Demi Perawatan dan Penambahan Konten Secara Berkala Dalam Situs Ini. Atas Perhatiannya Terima Kasih :)

Pengertian Syair

Pengertian Syair

Syair dalam bahasa Arab berasal dari kata syu’ur yang berarti perasaan. Maka pengertian syair adalah ungkapan pemikiran dan perasaan seseorang.

Biasanya syair digunakan dalam mengilustrasikan hal-hal kompleks seperti cerita agama, cinta, nasihat dan lain sebagainya. Beberapa hal tersebur membuat bait-bait pada syair menjadi lebih banyak dan panjang.

Sya’ir masuk dalam salah satu jenis puisi lama. Tiap baitnya berisi empat baris atau larik dengan menggunakan akhiran bunyi yang sama.

Apabila diamati dari segi strukturnya, sejatinya syair sangat bergantung pada ketentuan aturan baku. Misal berapa jumlah suku kata dalam setiap baris, jumlah baris dalam satu bait dan jumlah bait di tiap puisi. Bahkan aturan rima dan ritma pun perlu diperhatikan.

Ciri-ciri syair

Ciri ciri Syair

Sebelum membuat syair, tak ada salahnya jika kamu pelajari ciri-ciri syair terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar kamu dapat membedakan manakah ciri-ciri syair dan manakah ciri-ciri pantun.

  • Berisi 4 baris (larik) di tiap baitnya
  • Umumnya tiap baris berisi 8 sampai 14 suku kata
  • Suara irama syair terbentuk ketika dibacakan di pertengahan baris ke 4 hingga enam suku
  • Bersajak a-a-a-a
  • Syair menggunakan bahasa yang berbentuk kiasan
  • Umumnya syair berisi cerita, dongeng dan nasihat
  • Berbeda halnya dengan pantun, syair tidak memiliki sampiran. Sehingga di tiap baris hanya terdiri dari isi dan makna saja
  • Makna syair diperoleh melalui bait-bait berikutnya

Jenis-jenis Syair

Jenis jenis Syair

Syair memiliki beragam jenis. Mulai dari syair kiasan, agama, romantis, panji hingga sejarah. Berikut ini beberapa jenis syair yang bisa kamu pelajari.

1. Syair Kiasan

Syair kiasan adalah syair yang berisi cerita yang berkaitan dengan masalah percintaan. Simbolik yang digunakan pada umumnya yaitu bunga, ikan, burung atau buah-buahan. Terkadang syair kiasan juga digunakan untuk mengungkapkan kiasan atau sindiran pada suatu peristiwa.

2. Syair Agama

Syair agama adalah syair yang membahas unsur-unsur agama. Contoh ilmu tasawuf. Dahulu, syair agama ini sering digunakan untuk berdakwah kepada masyarakat luas. Syair agama terbagi atas 4 jenis yakni syair ajaran islam, syair nasihat, syair riwayat nabi dan syair sufi.

3. Syair Romantis

Syair romantis adalah syair yang menceritakan kisah percintaan atau asmara pelipur lara. Umumnya kisah-kisah romantis tersebut ada pada cerita rakyat.

4. Syair Panji

Syair panji adalah syair yang mengilustrasikan kondisi yang sedang terjadi pada suatu istana atau kerajaan.

5. Syair Sejarah

Syair sejarah adalah syair yang menceritakan kisah atau peristiwa di masa lampau. Bisa juga menggambarkan tokoh ternama atau tempat bersejarah.

Sekian pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri-ciri dan jenis syair. Semoga membantu proses belajarmu, sekaligus menambah wawasan.

Ciri ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya
Pengertian dan Ciri-ciri Talibun Secara Singkat dan Lengkap
Pengertian, Ciri ciri, Macam macam Gurindam Secara Singkat dan Lengkap

Leave a Reply