Pendekatan Geografi dan Contohnya

Ad Blocker Detected

Mohon Non-Aktifkan Ad Blocker Demi Perawatan dan Penambahan Konten Secara Berkala Dalam Situs Ini. Atas Perhatiannya Terima Kasih :)

Pada artikel lalu, kita telah mengulas 10 konsep dasar geografi beserta contohnya. Nah, dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan kembali hal-hal yang berhubungan dengan geografi, salah satunya adalah pendekatan geografi.

Mengapa ada pendekatan geografi? Apa fungsinya? Lalu apa saja pendekatan yang ada pada studi geografi? Untuk lebih lengkapnya, silahkan pelajari ulasan berikut.

Studi geografi merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari sistem alam atas beberapa bagian tertentu yang saling berkaitan. Perubahan dihasilkan dari sebuah sistem pada aliran energi. Keseimbangan sistem akan terwujud manakala perubahan saling berkesinambungan atau berhubungan.

Tiap sistem terdiri atas tiga bagian berbeda, yakni output, input serta komponen. Seperti halnya komputer, Anda dapat melihat bekerja di depan komputer karena adanya sistem yang bekerja di dalamnya.

Sistem tersebut bekerja sebab ketiga bagiannya saling bersambungan. Sektor input adalah listrik, sektor output adalah gambar dan suara, sementara di bagian komponen terdapat speaker, monitor, keyboard, cpu dan lain sebagainya.

Tanpa ketiga sektor tersebut, dapat dipastikan kita tidak akan bisa bekerja, bermain game, menonton film di depan komputer kita saat ini.

Apabila seluruh komponen saling bersambung, maka hampir dapat dipastikan sistem akan berjalan dengan baik. Sama halnya dengan planet Bumi yang memiliki beribu komponen yang sangat kompleks.

Pada sistem Bumi, Matahari merupakan input sumber energi. Namun ada juga energi yang berasal, misal tenaga tektonik. Panas, hujan serta perubahan iklim lainnya merupakan output yang memiliki perubahan konstan terhadap lingkungan hidup.

Memang, sistem bumi merupakan sitem yang sangat kompleks. Jadi, metode terbaik dalam mempelajarinya adalah dengan memahami tiap beberapa komponennya melalui pendekatan geografi.

Inilah yang dimaksud geografi dari aspek pendekatan sistem. Pendekatan tersebut senantiasa mengalami perkembangan hingga saat ini. Pada geografi modern atau biasa disebut dengan geografi terpatu. ada tiga hampiran atau pendekatan yang dilakukan.

Ketiga pendekatan geografi, diantaranya keruangan, ekologi dan kompleks wilayah. Mari kita bahas satu-persatu di bawah ini.

1. Pendekatan Wilayah

Dari nama subjudul di atas, kita sudah tahu bahwa pendekatan ini akan berkaitan pada keruangan. Pendekatan ini berbasis pada perbedaan wilayah dari beberapa sifa utama, misal perbedaan pola, struktur dan proses.

Pembentuk ruang saling berkaitan dengan struktur keruangan. Bisa ditinjau dari kenampakan garis, titik serta area. Sementara pola keruangan berhubungan wilayah distribusi tiga elemen tadi.

2. Pendekatan Ekologi

Pendekatan ini tidak sebatas hanya pada interaksi antar organisme dengan lingkungannya. Lain dari itu, juga dihubungkan dengan peristiwa yang pernah terjadi serta perbuatan manusia.

Sisi perbuatan manusia dibagi menjadi dua sisi, yakni kesadaran lingkungan dan pengembangan gagasan. Interelasi keduanya merupaka ciri khas dari pendekatan ekologi.

Dalam keenam pertanyaan geografi, analisis pendekatan tersebut masih dapat digunakan. Misal, analisa terjadi banjir di daerah Sinjai, Kamu bisa menemukan pendekatan keruangan dan perbedaan keduanya. Pendekatan ekologinya dapat dimulai dengan langkah di bawah ini.

Identifikasi keadaan fisik yang memicu proses terjadinya banjir, misal topografi, jenis tanah serta vegetasi dalam wilayah tersebut.

Identifikasi terhadap perilaku maupun sikap masyarakat saat mengelola alam pada wilayah tersebut.

Identifikasi pada budidaya yang berhubungan dengan pindah fungsi lahan.

Menganalisa keterkaitan antara budidaya serta dampak yang dimunculkan hingga akhirnya menimbulkan banjir

Gunakan hasil analisis tersebut dalam menemukan cara pemecahan masalah tersebut.

Leave a Reply