Cara Membuat Jelly Art Sederhana Aman Tanpa Suntikan

Ad Blocker Detected

Mohon Non-Aktifkan Ad Blocker Demi Perawatan dan Penambahan Konten Secara Berkala Dalam Situs Ini. Atas Perhatiannya Terima Kasih :)

Sejatinya tutorial cara membuat jelly art ini sudah populer sejak tahun 2013. Sayangnya, tidak sedikit dari beberapa tutorial tersebut menggunakan suntikan sebagai alat untuk menggambar. Padahal ini kan sangat berbahaya untuk kesehatan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara membuat jelly art sederhana tanpa suntikan. Sehingga aman untuk dikonsumsi dan baik untuk pencernaan.

Cara Membuat Jelly Art Tanpa Suntikan

Cara Membuat Jelly Art

Ikuti langkah-langkah di bawah ini agar kamu tidak kesulitan saat membuat jelly art.

Komposisi Puding Susu

  • 1 sdt Bubuk Agar-agar Plain
  • 4 sdm Gula Pasir
  • 600 ml Susu Cair
  • Essense Melon dan Stroberi secukupnya
  • 1 sdt Nutrijell

Komposisi Puding Kaca

  • 10 sdm Gula Pasir
  • 700 ml Air
  • 1 sdt Essense Vanilla
  • 15 gram Nutrijell

Proses Cara Membuat Jelly Art Bagian Puding Kaca

  1. Mula-mula campurkan nutrijell dan gula. Tuangkan air secukupnya, kemudian nyalakan kompor tunggu sampai mendidih.
  2. Matikan api, tambahkan essense vanilla. Biarkan puding kaca mendingin sampa asap uapnya berkurang. Beberapa menit kemudian lapisan putih kental akan muncul di permukaan.
  3. Kamu bisa membuang lapisan yang mengapung tersebut, sehingga akan menjadi jelly bening
  4. Basahi cetakan puding tadi dengan sirup atau lain sebagainya sesuai selera. Jangan lupa tuangkan puding setinggi 3/4 cetakan. Kemudian biarkan hingga tekstur puding jelly mengeras.

Proses Cara Membuat Jelly Art Bagian Puding Puding Susu

  1. Jika puding kaca telah mengeras, baru saatnya kita mulai membuat puding susu. Pertama, campur agar-agar, gula pasir dan nutrijell. Tambahkan susu, kemudian masak hingga mendidih.
  2. Jangan lupa diangkat jika sudah mendidih, lalu iris menjadi 3 bagian. Tiap irisi diberi tambahan essense yang berbeda. Misal irisan pertama diberi essense melon, kedua essense stroberi dan ketiga tanpa essense.

Proses Pembuatan Kelopak Bunga Jelly Art

  1. Ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu beberapa prinsip dasar dalam pembuatan kelopak bunga.
  2. Lakukan secara bertahap dalam membuat kelopak bunga. Bisa dimulai dari sudut terbesar yakni 80 derajat di permukaan puding. Lakukan pula penetrasi secara berulang sampai 1 putaran.
  3. Untuk membuat kelopak bunga lagi dengan ukuran yang lebih kecil, maka gunakan sudut 50 derajat di permukaan puding kaca. Dengan sudut kemiringan yang sama, penetrasi dilakukan secara berulang sampai 1 putaran.

Cara Membuat Jelly Art Sederhana Tanpa Suntikan

Dalam bahasa Indonesia, jelly art berarti agar-agar bergambar. Sekedar informasi, jelly art merupakan seni menghias makanan khas Amerika latin. Saat itu masyarakat setempat mengggunakan gelatin sebagai bahan dasarnya.

Gelatin berasal dari hidrolisis colagen alami, umumnya dapat ditemukan pada beberapa kulit binatang seperti sapi, ikan bahkan babi. Di Amerika, gelatin dari babi paling murah dibandingkan hewan lainnya. Tak heran jika industri obat-obatan dan pangan banyak menggunakan gelatin dari hewan tersebut.

Nah, berhubung penulis sendiri beragama muslim, maka sudah seharusnya halal wajib untuk diutamakan. Dalam tutorial ini kami menggunakan rumput laut alias nutrijell sebagai bahan dasarnya. Tentu saja ini sangat baik untuk kesehatan karena kaya akan serat nabati.

One Response

  1. Abid

Leave a Reply