Cara Membedakan Kenari Jantan dan Kenari Betina Secara Fisik

CARA MEMBEDAKAN KENARI JANTAN DAN KENARI BERTINA – Selain bentuk tubuhnya yang mungil, ternyata burung kenari juga dihiasi dengan berbagai warna anggun nan mempesona. Tak heran jika saat ini burung kenari menjadi burung primadona bagi para penghobi burung yang ingin merawatnya.

Selain itu, suara kicauan dari burung kenari yang terdengar nyaring dan merdu menjadi alasan tersendiri mengapa para penghobi tersebut juga menyukai burung berjenis ini. Bahkan, mereka pun tak segan-segan untuk mendaftarkan burungnya di berbagai kontes kicauan burung.

Pastinya hal ini akan memicu semangat bagi para penghobi burung kenari dalam acara kontes tersebut. Penilaian yang bagus akan diberikan oleh juri jika kenari tersebut bisa menirukan suara kenari lainnya dengan baik.

Berbagai jenis burung kenari biasanya dijual di beberapa pasar burung terdekat. Jenisnya pun lengkap, mulai dari kenari lokal sampau dengan impor. Beragam harga ditawarkan sesuai dengan jenisnya, harga paling murah dari burung kenari berkisar antara 200 ribu hingga jutaan.

Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire | 500px.com

Kenari Yorkshire merupakan salah satu jenis kenari yang paling terkenal akan harganya yang sangat mahal dibandingkan dengan lainnya. Perawatan kenari memang agak gampang-gampang susah. Gampang jika kita sudah berpengalaman, begitu pula sebaliknya.

Perawatan burung kenari memerlukan perhatian khusus dan rutin, mulai dari pemberian pakan, pembersihan kandang, penjemuran kandang, hingga pemandiannya. Sebagian orang yang memutuskan untuk berternak burung kenari rata-rata berawal dari hobi mereka masing-masing yang terbiasa merawat burung kenari.

Semakin banyaknya kenari digandrungi oleh sebagian masyarakat, maka semakin populer lah burung kenari untuk dipasarkan secara lokal bahkan mendunia. Dalam suatu perlombaan kenari, biasanya kenari jantan lebih sering diandalkan ketimbang kenari betina. Usut punya usut, ternyata kenari jantan lebih padai berkicau daripada kenari betina.

Namun hal mendasar dari semua ini adalah sulitnya membedakan jenis kelamin antara burung kenari jantan dengan burung kenari betina. Bagi para pemula, tentu hal ini akan menjadi pertanyaan mereka saat membedakan jenis kelamin kenari. Maka dari itu, dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara membedakan kenari jantan dan betina seperti yang tertera berikut ini.

Ciri ciri Kenari Jantan Muda dan Kenari Betina Muda

Burung Kenari Anakan

brooksidegc-kent.co.uk

  1. Saat berusia anakan sekitar 3 sampai 7 hari, pada kenari jantan anakan terdapat sebuah pembuluh vena atau saluran kemih jantan dibgian perut menuju kloaka, layaknya garis benang berwarna hitam. Berbeda dengan kenari betina yang tidak memiliki pembuluh vena.
  2. Saat berada di sarang, postur kenari jantan anakan justru lebih besar ketimbang kenari betina anakan.
  3. Warna bulu di bagian kepala kenari jantan anakan terlihat lebih cerah daripada anakan kenari betina.
  4. Bentuk kepala kenari jantan anakan lebih pipih, berbeda dengan kenari berina yang memiliki bentuk kepala cenderung agak bulat.
  5. Kenari jantan anakan akan belajar bersuara atau ngeriwik setelah berpisah dari induknya dan saudaranya, sebaliknya dengan betina yang tidak ngeriwik saat ditinggal induknya.
  6. Kenari jantan anakan memiliki bentuk kloaka yang terlihat tegak lurus dan lebih menonjol dibandingkan dengan kenari betina yang memiliki bentuk datar atau rata pada kloakanya.

Ciri-ciri Kenari Jantan dan Kenari Betina Dewasa

Burung Kenari Dewasa

sugarcreekbirdfarm.com

  1. Kenari jantan dewasa sangat identik dengan suara kicaunya yang ngerol dan keras, berbeda dengan kenari betina yang tidak berbunyi secara berulang-ulang
  2. Meskipun kenari betina memiliki bunyi yang berulang-ulang, akan tetapi suara kicaunnya sering putus-putus bahkan tidak senyaring kenari jantan
  3. Kenari jantan memiliki postur lebih ramping dan panjang, berbeda dengan kenari berina yang memiliki postur relatif bulat dan pendek.
  4. Paruh kenari jantan berposisi sejajar dengan mata burung tersebut, berbeda dengan kenari betina yang memiliki mata burung diatas paruh.

 

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: